Dakwah
Kamis, 27 April 2017
Safari Dakwah Malang
Waspadai Zikir untuk Mencari Kekayaan
Masjid Nurul Iman
Salah satu Masjid tempat Syekh Akbar Mengisi Tausiyah

idrisiyyah.or.id | Malang - Syekh Akbar Muhammad Fathurahman, M.Ag melaksanakan safari dakwah ke daerah Malang, Jawa Timur selama tiga hari, dari hari Jum'at (21/04/2017) sampai dengan hari Minggu (23/04/2017).

Agenda Dakwah Syekh yang pertama adalah mengisi tausiah di Masjid Nurul Iman di Perum Puri Kartika Asri Arjowinangun Kedungkandang, dalam rangka peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW pada hari jum'at malam. Lokasi Masjid Nurul Iman ini berdekatan dengan ustadz Cecep Hidayatullah yang merupakan Ketua Zawiyah Tarekat Idrisiyyah di Malang.

Hari Sabtu siang, Syekh Akbar beserta rombongan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di Kota Batu maupun di Kabupaten Malang, seperti mengunjungi objek wisata Petik Apel Selecta dan Coban Rondo.

Malam Ahad-nya Syekh Akbar kembali mengisi kajian keislaman, yang kali ini bertempat di Masjid Al-Ikhlash di Jl. Simpang Teluk Grajakan, Kampung Kenongo, Pandanwangi Kec. Blimbing.

Sungguh sangat beruntung bagi orang yang mengiringi perjalanan dakwah seorang al-ulama, setiap kata dan ungkapan yang keluar dari Mursyid Tarekat Idrisiyyah ini penuh dengan hikmah.

Salah satu hikmah yang disampaikan oleh Syekh Akbar adalah mengenai hikmah perjalan isra dan mi'raj, beliau berkata "salah satu hikmah isra mi'raj adalah terjadinya peristiwa pembersihan hati yang dilakukan Jibril AS kepada diri Rasulullah Saw sebelum di-mi'rajkan ke langit."

"Seakan untuk menempuh alam ruhani yang suci memerlukan persyaratan pembrsihan batin."

"Oleh karena itulah seorang mukmin yang hendak mendapatkan anugerah batin dari Allah mesti melakukan fit and proper test terlebih dahulu dengan jalan tazkiyatun nafs agar anugerah tersebut layak datang kepada dirinya."

"Lihatlah penghargaan Presiden diberikan kepada orang-orang tertentu karena mereka layak menerimanya, untuk bertemu pun tidak sembarang penampilannya, mereka mesti menysuaikan dirinya agar pantas bertemu dengan orang nomor satu di negerinya." 

"Sudah menjadi hal yang wajar apabila seorang rakyat membrsihkan diri terlbih dahulu seblum menemui orag penting seperti Raja, apalagi ingin menghadap penguasa langit dan bumi."

Hikmah lain yang disampaikan oleh Syekh Akbar adalah mengenai tujuan zikir, beliau mengungkapkan "Tujuan agama adalah mengantarkan manusia agar mengnal Allah, yakni melalui tersambungnya hati dengan memperbanyak zikir." 

"Tujuan zikir itu bukanlah untuk membuat seseorang kaya secara instan, orang Amerika saja kaya tanpa melakukan zikir." 

"Adalah pembodohan umat, memperkenalkan ajaran agama untuk tujuan mengantarkan manusia menjadi kaya melalui zikir yg dibacakannya, atau infak sedekah yang dikeluarkannya."

Selain mutiara hikmah yang disampaikan Syekh Akbar, hikmah perjalanan safari dakwah kali ini juga telah mempertemukan salah satu pendengar setia radio streaming Al-Idrisyyah, yang selama ini sering mengudarakan tausiah-tausiah dan mutiara hikmah dari Syekh Akbar Muhammad Fathurahman.

Pendengar setia tersebut yang bernama Anang yang merupakan tetangga dari Ketua Zawiyah Malang mengungkapkan rasa bahagia dapat bertemu langsung dengan Syekh Akbar, yang selama ini begitu ia rindukan. Begitu bahagianya Anang, sampai ia rela untuk cuti kerja dan mendampingi Syekh Akbar selama berada di Malang.

Akhirnya rombongan tiba kembali di Tasikmalaya pada hari Minggu (23/04/2017). 

Kajian di Masjid Nurul Iman, dan Masjid Al-Ikhlash

reportase: lq

penulis: amu

editor: uu