Dakwah
Senin, 17 Juli 2017
Tausiyah Walimatu Safar Syekh M. Fathurahman
Agama Islam, Agama Untuk Semua Umat Manusia
Tausiyah Syekh Akbar Muhammad Fathurahman
(foto : Azki)

idrisiyyah.or.id | Tasikmalaya - Syekh Akbar Muhammad Fathurahman M.Ag. menyampaikan Tausiyah dalam acara Tasyakuran Walimatu Safar atau pemberangkatan ibadah haji Bapak Ili Efendi yang diselenggarakan di kediamannya tidak jauh dari Pondok Pesantren Idrisiyyah, pada hari Sabtu (15/07/2017).

Dalam Tausiyahnya, Syekh M. Fathurahman menyampaikan bahwasannya ibadah haji itu sudah diperintahkan ketika zaman Nabi Ibrahim AS. yaitu dalam Al-Qur'an surat Al-Hajj ayat 27.

Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT. untuk membangun kembali Ka'bah yang hancur karena diterjang banjir pada zaman Nabi Nuh AS. Lalu setelah selesai membangunnya, Allah memerintahkan kepada nabi Ibrahim untuk menyeru umat manusia untuk berziarah ke Baitullah yaitu Ka'bah.

Sehingga menjadi dalil kepada manusia bahwa agama islam merupakan agama untuk semua manusia.

Lalu Allah buktikan ada yang datang dengan berjalan kaki juga ada yang datang dengan menggunakan unta yang kurus, yang datang dari seluruh penjuru dunia.

Ka'bah merupakan rumah ibadah pertama yang Allah bangun di muka bumi.

Lalu di dalam ayat yang lain, disebutkan bahwasannya seseorang melaksanakan ibadah haji itu harus dalam keadaan mampu.

Syekh M. Fathurahman menjelaskan mampu tersebut terbagi dalam 2 bagian, pertama mampu menurut fiqih yaitu mampu secara fisik dan bekalnya. Kedua mampu secara Tasawuf yaitu seseorang harus layak untuk menjadi tamu Allah dan tamu Rasulullah.

Salah satu tanda kelayakan adalah hatinya karena Allah SWT.

Syekh M. Fathurahman juga menyampaikan panggilan untuk melaksanakan ibadah haji merupakan panggilan yang kedua setelah panggilan melaksanakan Sholat lima waktu. Disamping itu ada panggilan yang terakhir yaitu Allah memanggil untuk kembali kepada-Nya.

Terakhir, Beliau menyampaikan bahwa dalam menjalankan ibadah harus mempunyai pembimbing | (adib)