Pendidikan
Kamis, 2 Agustus 2018
Launching Pesantren Anak dan Tasyakur RKB PAUD Idrisiyyah
Launching Pesantren Anak dan Tasyakur RKB PAUD Idrisiyyah
Foto: Idrisiyyah

idrisiyyah.or.id | Tasikmalaya - Divisi Pendidikan bagian Pendidikan Dasar menyelenggarakan Launching Pesantren Anak Idrisiyyah dan Tasyakur Ruang Kelas Baru (RKB) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Idrisiyyah, Sabtu (21/07), Cidahu, Desa Mekarwangi, Kec. Cisayong, Tasikmalaya.

Foto: Idrisiyyah

Kepala bagian Pendidikan Dasar Idrisiyyah, Ustadz Deden Hidayatullah S.Pd.I, menyatakan bahwa diselenggarakannya kegiatan launching dan tasyakur adalah untuk menginformasikan kepada seluruh bagian masyarakat bahwa di lingkungan ini sudah berdiri Pesantren Anak, dan PAUD sudah memiliki ruangan baru.

"Dalam metode pembelajarannya, tidak ada proses penekanan yang begitu drastis, suasana pesantren dibuat senyaman mungkin supaya serasa di rumah, sehingga polanya sama seperti di rumah, kami lebih berkonsentrasi pada kemandirian anak, seperti merapihkan pakaiannya, menjaga barang dan membersihkannya sendiri, anak sudah bisa mandiri sendiri itu sudah luar biasa, disamping itu hafalan qurannya lebih di tekankan" Tutur Ustadz Deden

Terdapat 20 orang santri di pesantren anak, terdiri dari 9 orang santri putra dan 11 orang santri putri.

Sebetulnya, masih kata Ustadz Deden, dengan kondisi yang ada saat ini, dengan perkembangan zaman dan tehnologi yang semakin pesat, kalau memang rumah dianggap cukup mampu memberikan edukasi yang positif, lingkungan keluarga dan masyarakat dianggap sudah kondusif,  kenapa tidak, silahkan saja, tapi mungkin sebagian besar dari orang tua melakukan proses pendidikan, tapi ketika anak-anak di luar tidak terkontrol, karena orangtua tidak bisa mengontrol lingkungan baik dan positif, justru di pesantren ini lingkungan keluarga di bangun, lingkungan bermain dibangun dengan lingkungan yang positif.

Foto: Idrisiyyah

Kepala Divisi Pendidikan Idrisiyyah, Ustadz Asep Deni S.Pd.I, menyatakan bahwa Pesantren Anak adalah salah satu program Pimpinan Pondok Pessantren Idrisiyyah Syekh Akbar Muhammad Fathurahman M.Ag untuk anak seumuran kelas 4 SD, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak agar belajar mandiri sejak dini.

Menurut Ustadz Asep Deni, mendidik justru memang harus sejak dini, karena sama halnya dengan membangun sebuah bangunan, pondasi dipasangnya sebelum membangun, inilah masa yang disebut dengan Golden Age, anak-anak lebih cepat merespon dari panca inderanya dari apa yang mereka lihat.

"Dengan pendidikan pola pesantren, pembiasaan akan cepat, karena anak bukan hanya mendengar saja, tapi juga melihat langsung" tutur Ustadz Asep Deni.

"Alhamdulillah, Nuril (anak Ustadz Asep Deni) mesantren dengan kemauannya sendiri, harapannya agar anak bisa lebih baik daripada orang tuanya, dan paling penting anak itu sudah diajarkan pendidikan kemandirian sejak dini, karena pada akhirnya yang disiapkan oleh orang tua bukan bersama anaknya, tapi harus mempersiapkan berpisah dengan anaknya" singkap Ustadz Asep Deni.

Menurut Sekertaris Desa Mekarwangi Intan Timur Batu Jaman, keberadaan pesantren anak di lingkungan Desa Mekarwangi Kecamatan Cisayong, diharapkan indeks presentasi masyarakat khususnya di Desa Mekarwangi meningkat, kemudian membentengi akhlak anak dari gangguan-gangguan akhlak yang tercela

"Harapannya ini terus berkembang kemudian melahirkan generasi yang islami sebagi risalah yang bisa meneruskan perjuangan para rasul" jelasnya

Pemilik Paud Kec. Cisayong Dadang Sudrajat mengomentari pelaksanaan Launching Pesantren Anak dan Tasyakur RKB PAUD Idrisiyyah.

Menurutnya, baru kali ini ada launching upacara ceremonial, dan memang kenyataannya dari Cisayong baru PAUD Idrisiyyah yang betul-betul representatif, bangunannya bagus, ruangannya sudah komplit, dan hal ini melebihi dari standar sarana dari pendidikan anak usia dini.

"Oleh karena itu kami mengajukan supaya PAUD kober ini segera di akreditasi dan kemungkinan dijadikan contoh untuk PAUD yang ada di Cisayong" ungkap Dadang

Kemudian ada pesantren anak, masih kata Dadang, salah satu lembaga pendidikan kepesantrenan dimana belum ada pesantren yang khusus mendidik anak-anak. Disini sudah terbentuk, sudah berdiri, semoga saja ini merupakan contoh pesantren anak yang betul-betul menjadi harapan semua

Pesantren Anak dan RKB PAUD Idrisiyyah diresmikan dengan Prosesi Gunting Pita secara simbolis.

Peresmian secara simbolis Pesantren Anak Idrisiyyah | Foto: Idrisiyyah

Peresmian secara simbolis RKB PAUD Idrisiyyah | Foto: Idrisiyyah


MUHAMMAD FAHMUDDIN