Informasi Aktual
Minggu, 18 November 2018
Pondok Tarekat Idrisiyyah Terima 20 Ekor Rusa
Rusa Tutul di Pesantren Idrisiyyah
10 ekor rusa sudah sampai di Pesantren Idrisiyyah, Tasikmalaya , Ahad (11/11)

idrisiyyah.or.id | Informasi Aktual - Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya menerima hibah 20 ekor rusa tutul dari pengelola kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Ahad (11/11) dengan rincian 5 rusa jantan dan 15 rusa betina.

Foto: Idrisiyyah

Seorang Pawang Rusa di Monas yang mengawal pengiriman ini, Kang Adang menuturkan, Pengiriman rusa dibagi dalam 2 tahapan, tiap pengiriman 10 ekor rusa. Pengiriman pertama Sabtu (10/11), sedangkan pengiriman kedua rencananya pada 10 Januari 2019.

"Diberi jeda selama 2 bulan agar 10 ekor rusa pertama sudah dalam kondisi stabil," ujar Kang Adang.

Foto: Idrisiyyah

Menurut Kang Sani, anggota Sufi'S yang turut mengawal, Proses pengangkutan, dengan cara pembiusan, kemudian dimasukan ke peti.

"Proses pengantarannya lancar tidak ada masalah, hanya mengalami stress sedikit tapi tidak masalah," tutur Kang Sani.

Senada dengan Kang Sani, Kang Adang mengatakan stress sedikit saat pengantaran adalah hal biasa, karena di kawasan Monas sudah terbiasa melihat orang-orang, "Begitu tiba di pesantren sudah mau makan, berarti sudah baik," ungkapnya.

Agar rusa-rusa itu betah Kang Adang memberikan sejumlah tips: Plastik yang menutupi kandang rusa jangan dibuka dulu selama 2 minggu. Pemberian makan lakukan seperti biasa saja. Dilakukan oleh seseorang yang biasanya memberi makan rusa. "Lakukan dengan pelan-pelan sampai ada pembiasaan setiap harinya," begitu kata Kang Adang.


MUHAMMAD FAHMUDDIN | SALMAN AL FARIZI