Pendidikan
Minggu, 25 November 2018
Organizational Training Of Idrisiyyah Student
Serah Terima Jabatan Pengurus Santri Pondok Pesantren Idrisiyyah
Sertijab Pengurus PPI Putra
Foto: Idrisiyyah

idrisiyyah.or.id | Pendidikan - Organisasi Santri Pondok Pesantren Idrisiyyah (OSPI) Putra menyelenggarakan acara "Organizational Tarining Of Idrisiyyah Student" Selasa (13/11) di Aula Musyahadah Masjid Al-Fattah.

Kegiatan ini mengangkat tema "Membangun diri Menjadi Uswatun Hasanah Yang Berjihad Dalam Bingkai Khidmah". Peserta berjumlah 54 orang dari kelas V Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PPI Putra.

Turut hadir, Direktur Operasional Tarekat Idrisiyyah Ustad Adang Nurdin MS, M.Pd, Kepala Divisi Pendidikan Tarekat Idrisiyyah Ustad Asep Deni, M.Pd, Mudir Ma'had lil Banin Ustad Cecep Hidayatullah, S.Sc, S.Pd, beserta dewan guru lainnya.

Hari pertama pelaksanaan kegiatan Organizational Tarining Of Idrisiyyah Student adalah sesi penyampaian materi ceramah. Self Motivation oleh Ustad Adang Nurdin MS, M.Pd,  Leadership oleh Ustad Iman Fauzi SE,Sy, dan dilanjutkan dengan Analysis SWOT (strength, sweaknesses, opportunities & threats).

Menurut Ustadz Iman Fauzi, SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

"SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek," katanya.

Foto: Idrisiyyah

Hari berikutnya, Rabu (14/11) penyampaian materi Miracle of Khidmah oleh Ustad Deden Hidayatullah,S.Pd.I, berlanjut dengan Keorganisasian dan Manajemen Organisasi oleh Sandra Yusuf S.M dan diakhiri dengan materi Keadministrasian oleh Asep Saepul Milah, S.Sy.

Ketua Pelaksana kegiatan Organizational Training Of Idrisiyyah Student saat diwawancarai oleh idrisiyyah.or.id menyampaikan, selain penyampaian materi kegiatan ini dimeriahkan pula dengan game-game menarik yang mengasah ketekunan peserta.

"Kami berharap semangat khidmah para peserta yang tidak pernah lelah, insyaallah menjadi lillah," tutur Cecep Masykur Malik

Sementara itu Mudir Ma'had lil Banin Ustad Cecep Hidayatullah, S.Sc, S.Pd berharap kepengurusan sekarang lebih baik dalam pengabdiannya. Organisasi Santri Pesantren Idrisiyyah (OSPI) putra merupakan bagian dari proses pendidikan dalam pesantren, maka segala programnya menjadi sangat penting.

"Kedisiplinan menjadi prioritas dalam segala hal, seperti disiplin dalam belajar, ibadah, dan dalam setiap aktifitas lainnya, serta menumbuhkan kepedulian terhadap segala sesuatu," tegasnya.

Ustad Cecep Hidayatullah, S.Sc, S.Pd juga menyampaikan, sebenernya nama-nama organisasi santri mulai dari OSPF, AIBS-SO, IIBS-SO dan sekarang menjadi OSPI hanya menyesuaikan dengan branding lembaga saja, seperti OSPF pada waktu itu brandingnya adalah Fadris, kalau AIBS dan IIBS kita menyesuaikan dengan branding boarding schoolnya.

"Tentu karena sekarang dikembalikan ke pondok pesantren maka kita kembalikan ke pondok pesantren dengan OSPI dan brandingnya adalah Idrisiyyah," jelasnya.


MUHAMMAD SYARIF | SALMAN AL FARIZI